Poreotics adalah kelompok tari atau dance crew yang berasal dari Westminster, California, Amerika Serikat, dan terbentuk pada tahun 2007. Mereka adalah pemenang dari acara TV Amerika yang bernama America's Best Dance Crew Season 5 pada tahun 2010. Mereka adalah Matt "Dumbo" Nguyen, Can Nguyen, Chad Mayate, Lawrence "Law" Devera, Mino Iwasaki dan juga Aidan Carberry (yang awalnya bersama Charles Nguyen dan Justin "Jet Li" Valles, namun mereka mengundurkan diri dan berfokus pada dance crew lain yang bernama The Kinjaz).

 

Biodata para member Poreotics:

  • Matt Vihn Nguyen, biasa dipanggil dengan nama panggungnya, Dumbo, lahir pada tanggal 23 Maret 1989, di Ho Chi Minh City, Vietnam. Dumbo beserta keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada saat dia berusia 10 tahun. Selain menjadi member Poreotics, Dumbo juga adalah member dari Duo DJ yang bernama ARIUS bersama istrinya, Tessa Liz
  • Can T. Nguyen lahir pada tanggal 8 Oktober 1990, di Fountain Valley. Selain menjadi member Poreotics, Can juga bekerja sebagai editor untuk Just Kidding News atau biasa disebut JK News, dan juga sebagai produser (dengan nama Nacwin) dan streamer (dengan nama Games For Tea di Twitch). Can memiliki komunitas (di Twitch maupun Discord (sejenis chatroom) bernama Boba Babies, dikeranekan semua member komunitasnya beserta Can sendiri suka meminum teh boba. Bahkan komunitasnya sekarang memiliki social media sendiri dengan nama yang sama untuk mendukung Can.
  • Andrew-Chad Mayate lahir di Long Beach, Amerika Serikat, pada tanggal 20 Oktober 1989. Selain di Poreotics, Chad adalah salah satu dari sekian banyak member dari The Kinjaz dance crew dan juga Vibrncy (sebuah komunitas dalam dunia perfilman, namun hanya untuk merekan video tari The Kinjaz).
  • Lawrence B. Devera, yang biasa dipanggil Law, adalah member tertua di Poreotics. Dia lahir di Los Angeles, Amerika Serikat pada tanggal 29 Agustus 1988. Sama dengan Chad, Law juga member dari The Kinjaz. Namun, tak hanya menari, Law juga bekerja di bidang kesehatan sebagai karyawan Theraphy Aids II of Rehab di sebuah perusahaan di Amerika Serikat.
  • Minoru Iwasaki, biasa dipanggil Mino, adalah member Poreotics yang berkelahiran di Jepang, pada tanggal 6 Desember 1991. Selain menari, Mino adalah seorang model.
  • Aidan Carberry adalah member termuda di Poreotics yang lahir pada tanggal 11 Juni 1997. Selain menjadi member Poreotics, Aidan adalah member sub dance crew dari Poreotics, yaitu Miniotics. Nama Miniotics sendiri adalah singkatan dari Mini Poreotics. Pada saat kuliah, Aidan mengambil jurusan tari di USC Kaufman. Ibunya sendiri adalah seorang penari profesional.

 

Nama Poreotics sebenarnya adalah singkatan dari Popping, Choreography dan Robotics, dimana Dumbo berspesialisasikan pada 3 kategori tersebut. Namun, Poreotics tidak hanya berspesialisasi pada 3 hal tersebut, tapi kadang pula memasukkan sebuah teknik yang dinamakan Tutting. Mereka juga dikenal karena kacamata hitam khas mereka.

Para member Poreotics tidak sepenuhnya orang Amerika. Mereka adalah orang Asia. Dumbo dan Can adalah orang Vietnam, Chad dan Law adalah orang Filipina, Mino adalah orang Jepang, sedangkan Aidan sendiri adalah orang Kaukasia. Namun, mereka berkewarga negaraan Amerika.

 

Poreotics pernah tampil di music video Lazy Song (Bruno Mars) dan juga Somebody to Love (Justin Bieber). Mereka bahkan memenangkan Best Choreography untuk Lazy Song di VMA's tahun 2011.

 

Berikut adalah penampilan mereka di World of Dance di Los Angeles pada tahun 2018:

https://www.youtube.com/watch?v=cPJQX53_s-w